Translate

Mimpi dibentuk dari imajinasi dan kreativitasmu. Mimpi adalah cerita dari masa lalu atau keinginan yang kuat untuk masa depan. Jangan lelah untuk bermimpi, karena hidup berawal dari mimpi.

Jumat, 20 Januari 2012

Jika Semua Orang Menjadi Kaya

Ada sebuah pernyataan yang menarik yang saya dapatkan ketika sedang berbincang-bincang dengan Bapak Ketua RW di daerah saya dan beberapa Bapak-Bapak lainnya. Pernyataan itu muncul pada saat Bapak Ketua RW mencoba mengambil hikmah dari realitas yang ada mengenai adilnya Allah menciptakan dunia secara berpasang-pasangan dan salah satunya dengan adanya orang yang kaya dan orang miskin, dan pernyataan beliau adalah, “Jika semua orang Allah jadikan kaya, lalu siapa lagi yang mau bekerja?”
Pernyataan yang beliau sampaikan secara logika sederhana memang terasa benar karena saat ini kebanyakan manusia bekerja adalah untuk menjadi kaya. Akan tetapi, saya merasa pernyataan itu kurang tepat dengan beberapa alasan : 

1. Jika semua orang Allah jadikan kaya, lalu siapa lagi yang mau bekerja?
Bekerja (mencari nafkah) adalah kewajiban bagi seorang muslim karena mesti menafkahi keluarga yang menjadi tanggung jawabnya, kalau tidak dengan bekerja lalu dengan apa lagi? 

Dari Miqdan r.a. dari Nabi Muhammad Saw, bersabda: Tidaklah makan seseorang lebih baik dari hasil usahanya sendiri. Sesungguhnya Nabi Daud a.s., makan dari hasil usahanya sendiri.” (H.R. Bukhari)
Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Muhammad Saw: Sesungguhnya Nabi Daud a.s., tidak makan kecuali dari hasil usahanya sendiri.” (HR. Bukhari)
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik, daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Dari Abu Abdullah Az-Zubair bin Al-‘Awwam r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh seandainya salah seorang di antara kalian mengambil beberapa utas tali, kemudian pergi ke gunung dan kembali dengan memikul seikat kayu bakar dan menjualnya, kemudian dengan hasil itu Allah mencukupkan kebutuhan hidupmu, itu lebih baik daripada meminta-minta kepada sesama manusia, baik mereka memberi ataupun tidak.” (HR. Bukhari)
Dalam sebuah hadits Rasul saw bersabda: Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan karena bekerja pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni Allah” (Hadits Riwayat Ahmad & Ibnu Asakir )
Rasulullah saw pernah ditanya, Pekerjaan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, Pekerjaan terbaik adalah usaha seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perjualbelian yang dianggap baik,” (HR Ahmad dan Baihaqi).

2. Jika semua orang Allah jadikan kaya, lalu siapa lagi yang mau bekerja?
Tak pernah saya dengar ataupun lihat bahwa ada orang kaya yang mengganjal perutnya (baca : makan) dengan emas, perak atau uang kertas yang dimilikinya. Orang sekaya apapun makannya tetap dengan nasi, jagung, gandum, sayuran, buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan lain. Atau mungkin jika ingin ada yang berlebih maka mereka pun bisa makan ikan, ayam, kambing, domba, sapi, unta atau hewan-hewan lain yang dihalalkan oleh Allah. 
Dan semua tumbuhan serta hewan itu pun tak mungkin tiba-tiba menjadi makanan yang matang tanpa adanya kerja (baca : usaha) untuk membuatnya. Dan tak mungkin pula tumbuhan dan hewan itu bisa didapatkan begitu saja tanpa adanya usaha dari petani, peternak dan nelayan. Oleh karena itu, bekerja bukan hanya sekedar mencari uang dan kekayaan tapi juga untuk memenuhi kebutuhan primer.

3. Jika semua orang Allah jadikan kaya, lalu siapa lagi yang mau bekerja?
Standar dari kata “kaya” sesungguhnya tak pernah jelas karena pembandingnya bisa berubah-ubah bergantung pada objek pembandingnya. Banyak orang yang menjadi Millionaire atau kata orang Indonesia disebut Milyuner pun masih bekerja untuk memperbesar jumlah kekayaannya. Sebagai contoh adalah Grup Bakrie yang perusahaannya banyak dan berada di berbagai bidang. Itu menunjukkan jika meskipun sudah sangat kaya menurut standar saya, akan tetapi mereka tetap bekerja. 
Selain itu, seorang David Beckham, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi serta para pesepakbola terkenal lainnya umumnya saat ini sudah menjadi seorang yang kaya menurut standar saya, dan mereka pun masih tetap bekerja sebagai pesepakbola karena profesi mereka adalah bagian dari hidupnya. Selain itu, mereka bekerja demi investasi masa depan mereka yang entah kapan mereka akhirnya pensiun dari dunia sepakbola.

Dan sebenarnya hikmah yang saya ambil dari adanya orang kaya dan orang miskin di dunia ini bagi saya adalah : JIKA TAK ADA ORANG MISKIN MAKA ORANG KAYA AKAN SULIT MENDAPATKAN PAHALA DARI KEWAJIBAN ZAKAT, INFAK DAN SHADAQAH. Karena yang diperkenankan untuk mendapatkan Zakat, Infak dan Shadaqah adalah orang yang termasuk kategori fakir dan miskin.

0 komentar:

Posting Komentar

OhBelog!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites